Cara Memelihara Modem Supaya Awet

Teledukasi - Usb modem adalah perangkat tambahan yang kita gunakan agar bisa terkoneksi ke internet. Bentuknya seperti flashdisk tetapi modem memiliki slot simcard di dalamnya. Modem tersedia dalam dua jenis jaringan yaitu GSM dan CDMA. Saking asyiknya ketika internetan menggunakan modem USB kita sering lupa waktu dan modem menjadi panas karena terlalu lama digunakan. Untuk itu saya akan membagikan beberapa tips agar modem USB kita tetap awet.
Cara Memelihara Modem Supaya Awet
1. Hindari Mencolokan Modem Secara Langsung
Usahakan untuk menghindari mencolokan modem secara langsung baik itu pada komputer, laptop, maupun notebook, hal ini bertujuan agar panas yang ada komputer tidak merembet ke modem, sehingga dapat mengakibatkan modem menjadi sangat panas.

2. Gunakan Kabel Extention
Kamu dapat menggunakan kabel ekstension untuk mengurangi suhu panas pada modem, dengan jarak kabel yang cukup jauh dengan komputer tersebut, maka dapat menghindari modem dari panas berlebihan.

3. Lepas Tutup Modem untuk Mengurangi Panas
Ini tampaknya hampir tidak terpikirkan, karena tutup yang ada pada modem dapat menyebabkan modem menjadi sangat cepat panas, untuk itu Kamu buka saja tutup modem yang ada dengan tujuan untuk mengurangi uap panas yang dihasilkan dari dalam perangkat modem. Akan tetapi ada juga pihak yang tidak ingin membuka tutup modem karena tampilannya terlihat jelek.

Baca juga: Cara Merawat Flash Disk

4. Istirahatkan Modem Sejenak
Seperti halnya kita sebagai manusia perlu beristirahat, maka modem pun juga perlu diistirahatkan. Walaupun terkadang kita sering lupa untuk mengistirahatkan modem ketika sedang seru-serunya menggunkan internet. Karena modem yang kepanasan bisa mengakibatkan komponen yang ada di dalam modem menjadi lebih cepat aus, yang akhirnya dapat berakibat fatal dimana modem akhirnya tidak bisa digunakan lagi.

Untuk itu ketika kamu sudah terlalu lama menggunakan modem, maka usahakan untuk jangan lupa menghentikan sejenak penggunaan modem, hingga akhirnya panasnya hilang, sehingga kamu dapat menggunakannya kembali.

5. Pastikan Modem Menancap Dengan Baik
Saat ingin berinternet atau browsing ria, maka pastikan saat kamu mencolokan modem USB, modem telah tertancap dengan benar agar tidak mudah lepas, dengan begitu maka kamu bisa menghindari segala sesuatu yang tidak diinginkan, karena dengan manancapkan modem secara benar maka arus listrik akan mengalir dengan lancar ke modem.

6.Jangan Letakan Sembarangan
Walaupun poin yang keenam ini sederhana, akan tetapi sebenarnya amatlah penting, karena hal ini berguna agar modem terhindar dari resiko jatuh dari tempatnya, yang dapat mengakibatkan kerusakan pada modem, selain itu juga agar kita tidak lupa dalam menaruh modem.

7. Jauhkan Dari Cairan
Apabila kamu meletakan minuman di dekakat modem maka tidak menutup kemungkinan dapat dengan tidak sengaja tersenggol sehingga dapat terjatuh, apabila pada kejadian seperti itu terjadi dan kamu meletakan modem di dekatnya maka akan sangat berbahaya, karena modem tersusun dari komponen rumit dan jika terkena air maka dapat berakibat fatal dan menakibatkan kerusakan pada komponen modem, sehingga membuat kamu harus membeli modem baru.

8.Tutup Aplikasi Modem Sebelum Dicabut
Saat Kamu sudah selesai menggunakan internet, maka saat ingin mencabut modem maka pastikan bahwa modem tersebut sudah ditutup aplikasinya, dan pastikan pula kamu sudah melakukan 'eject ' apabila memang ada proses seperti itu. Nah, dengan begitu jangan asal cabut modem, akan tetapi masih aktif dan programnya masih berjalan di komputer, karena jika main cabut saja maka dapat mengakibatkan software modem mengalami kerusakan.

9. Simpan di Tempat Kering
Hal perlu diperhatikan saat selesai menggunakan modem adalah menaruhnya di tempat yang aman, dan usahakan untuk menghindari menaruh modem di tempat yang lembab, karena  tempat yang lembab tersebut dapat mengakibatkan timbulnya korosi 'karatan' pada colokan. Untuk itu juga jaga tutup modem jangan sampai hilang, karena masih sangat berguna.

10.  Perhatikan Penggunaan Kabel Tambahan
Apabila Kamu ingin menggunakan kabel perpanjangan atau tambahan maka hindari memakai kabel perpanjangan yang kualitasnya buruk, dan hindari juga menggunakan kabel yang terlalu panjang. Karena apabila kabel terlalu panjang atau buruk kualitasnya maka membuat kualitas arus listrik yang masuk menuju ke modem menjadi terganggu dan tidak maksimal, sehingga dapat mengakibatkan hal-hal yang tidak baik pada modem tersebut.

Sehingga, pakailah kabel sebagai perpanjangan yang memiliki kualitas yang baik, adapun panjang maksimalnya adalah sekitar 3-4 meter, hindari lebih panjang dari itu. Dan ada baiknya juga menggunakan antenna, sehingga posisi modem dibawah seperti semula, dan Kamu juga dapat sinyal yang lebih bagus.

11. Jauhkan Dari Jangkauan Anak Kecil
Hal ke-11 ini adalah hal yang sederhana, tetapi juga cukup penting, dimana hindari modem milik Kamu sampai dipegang anak kecil, karena bisa jadi modem kamu dijadikan mainan oleh mereka, dan akhirnya bisa membuat modem menjadi tidak berfungsi lagi.

Nah, demikianlah Cara Merawat Modem Supaya Awet. Semoga artikel ini bisa membantu anda merawat modem Usb yang biasa anda gunakan agar tetap bisa berfungsi dalam waktu lama.

Related Posts:

0 Response to "Cara Memelihara Modem Supaya Awet"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai dengan topik.